[ Maruvanovic ] Menanam Carpet Seed Mini Dwarf untuk Aquascape


       Welcome back! Pada kali ini ane bakal sedikit share tentang menanam biji carpet seed mini dwarf, atau yg sering disebut magic seed. Yup, jadi ceritanya percobaan pertama, ane nebarin biji magic seed (harga 10rb/botol), di atas pasir malang yg udah ane cuci, tanpa pupuk dasar, dibikin agak lembab pasir malangnya, ane tebarin bijinya, setelah ane tunggu sekitar 5 hari baru numbuh, itu juga cuma baru numbuh tunas. Setelah ane sabarin selama 12 hari, akhirnya pada tumbuh juga. Tapi tidak tumbuh semua guys, sebagian saja, yang anehnya memasuki hari ke 14 tumbuhannya langsung menguning, padahal pencahayaan juga cuma 6 jam perhari, dengan lampu LED low light. percobaan pertama gagal.

          Pada Akhirnya terpaksa ane bongkar ulang, pada percobaan kedua ane beli pupuk dasar merk Aqua Gizi, taruh sebagai lapisan dasar, abis tu di timpa pake pasir malang, bentuk sedemikian rupa sesuai selera, tebarin biji. Kali ini ane beli biji magic seed dari toko berbeda, ane beli dari toko A yg ane pake untuk percobaan pertama (harga 10rb/botol) dan ane beli dari toko B (harga 20rb/botol). Ane taburin biji magic seed secara merata, jadi buat nandain adalah yg sebelah kiri tank dengan harga biji 10rb dan sebelah kanan tank harga biji 20rb.



Bisa dilihat, hari pertama belum ada tanda-tanda kehidupan. Oh iya, itu ada sebagian monte carlo dan lilaeopsis yg ane tanem dengan metode DSM (Dry Start Method), lumayan sekalian nunggu magic seednya tumbuh, monte carlo juga biar pada tumbuh

Hari ke-2 udah mulai muncul tunas-tunas tapi tunas lebih banyak di tank sebelah kanan, sory ga ane photo


Hari ke-3 mulai tumbuh, meski daunnya masih kecil-kecil, dan bisa kita lihat, kebanyakan yg tumbuh di tank sebelah kanan.


Hari ke-4, mulai terlihat agak padat, tapi masih ada yg belum tumbuh semua, dan daunnya juga belum terlihat membesar. Daun masih kecil-kecil, tapi biji yg sudah ditebar kebanyakan mulai tumbuh semua.


Akhirnya, pada hari ke-10, sudah tumbuh merta magic seednya, langsung ane tambahin pohon rasamala dan ditempelin moss ricardia, dan di tambahin anubias nana ukuran M. Siap diisi air.


gambar diatas adalah setelah aquascape diisi air, sekarang tinggal merawat dan menunggu hasil-hasil yg lebih indah, rencana pada hari ke 14 baru ane isi ikan. Next, update lagi


kesimpulan

1. Ada perbedaan kualitas dari biji magic seed yg dijual di berbagai toko aquarium

2. Mungkin, dengan harga magic seed yg lebih mahal bisa tumbuh normal  tanpa menggunakan pupuk dasar

3. Magic seed merupakan tanaman aquascape yg kebutuhan cahayanya sedang (medium light), soalnya dalam 24 jam, ga selalu ane kasih cahaya selama 8 jam, kadang 6 jam, kadang 5 jam, kadang 8 jam, tapi ane perhatiin tanemannya tiap hari ada progressnya dan ga menguning lagi.

see you in the next post....





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Maruvanovic ] Adobe Photoshop CS3 Portable

[ Maruvanovic ] PES 2016 FULL Patch Season 2017/2016 Google Drive #Low End Laptop

[ Maruvanovic ] Microsoft Office Pro Plus 2013 32bit Google Drive + Activator