[ Maruvanovic ] Membuat Lampu Sein Motor LED Sendiri #GampangBanget



          Welcome back to my blog!. Yap pada post kali ini bakal berisi tentang membuat lampu sein motor sendiri dari led. Perlu di ketahui, lampu sein bawaan pabrik yg masih bohlam dengan daya 10 watt, tentu menguras tegangan aki motor, belom lagi lampu utama juga masih menggunakan bohlam halogen yg bersumber pada tegangan aki motor. Mungkin buat motor yg sumber tegangan masih dari spull ga masalah, tapi kalo yg dari aki motor behh bakal nguras tegangan, yg salah satu gejalanya adalah starter motor ga kuat lagi, atau starter masih kuat tetapi dibarengi dengan lampu pada speedo meter mati sejenak, itu adalah gejala tegangan aki yg mulai drop.

          Sedikit berbagi ilmu, banyak yg bilang kalo lampu LED harus arusnya DC, sebenernya kurang tepat, karena arus sendiri adalah hasil dari tegangan input dibagi hambatan atau dengan rumus I = V/R. Untuk I adalah arus, V adalah tegangan (bisa AC atau DC) dan R adalah hambatan atau beban. Jadi kalo bisa mulai sekarang ngomongnya tegangannya harus DC yak :D, jangan arus lagi karena arus adalah hasil dari, bukan sumbernya, karena supaya kita bisa tau itu arus DC atau AC kita harus tau sumbernya dulu, setelah itu baru bisa di ukur dengan Ampere Meter, jadi satuan arus itu AMPERE (A), kurang tepat kan kalo bilang arusnya harus DC. Sedangkan tegangan satuannya adalah Volt (V), dalam konteks aki motor maka satuannya VDC, tapi kalo keluaran pada spul masih VAC, yg di searahkan oleh kiprok biar menjadi DC sehingga bisa buat nge-charge aki motor ketika mesin hidup. Jadi yg tepat adalah lampu LED harus tegangan DC. (semoga ga puyeng yak).

         Dijamim lampu sein LED yang akan di buat ini lebih terang dari lampu - lampu sein led yg beli udah jadi, tapi dengan syarat ente punya solder dulu ya guys, kalo belom punya solder mending beli yg udah jadi aja, sayang di modal, tapi kalo tetep mau bikin led yg terang dan berkualitas bisa siapin dah bahan - bahan yg di perlukan antara lain :
  • Solder
  • Timah solder
  • PCB bolong
  • Resistor 100 ohm
  • LED SMD 3 watt warna kuning, bisa di beli DISINI

-------- under maintenance ---------

Komentar

  1. [ Maruvanovic ] Membuat Lampu Sein Motor Led Sendiri Gampangbanget >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    [ Maruvanovic ] Membuat Lampu Sein Motor Led Sendiri Gampangbanget >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    [ Maruvanovic ] Membuat Lampu Sein Motor Led Sendiri Gampangbanget >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK xj

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Maruvanovic ] Adobe Photoshop CS3 Portable

[ Maruvanovic ] PES 2016 FULL Patch Season 2017/2016 Google Drive #Low End Laptop

[ Maruvanovic ] Microsoft Office Pro Plus 2013 32bit Google Drive + Activator