[ Maruvanovic ] Review Oli Meditran SX "si Oli Sesat" di Byson #ReviewPribadi

       

          Welcome back to my blog!. Postingan kali ini adalah berisi tentang review pribadi dari ane berdasarkan dengan apa yang udah ane rasain sendiri. Sekitar sebulan yg lalu ane beli motor byson tahun 2013, ane dapet dari situs jual beli, ane kontak orangnya, nego-nego, samperin, test drive, deal dan bayar. Pas di perjalanan pulang ane ngerasain perpindahan gigi keras dan kasar abis, ane berpikir "oh mungkin ini gara-gara pemilik yang lama belom ganti oli, okelah besok ganti oli". 

          Akhirnya besoknya ganti oli, dan ane make oli Prima XP dengan harga 40 ribuan sekalian ganti kampas kopling baru. Pas di test-drive perpindahan gigi menjadi smooth, suara mesin juga sedikit lebih adem (tau sendiri kan karakter mesin yamaha emang agak kasar). Setelah jalan ekitar 400km-an, perpindahan gigi sedikit ada slip, ga selalu tapi kadang-kadang. Malemnya ane browsing sana sini, dan banyak yang nge-review "oli sesat" di motor mereka masing-masing. Disebut oli sesat karena ini merupakan oli untuk mobil tapi dipake buat motor. Scroll komenan orang-orang di youtube, ga jarang juga pada debat soal penggunaan oli sesat ini.


          Yap, dan akhirnya dengan segala kekurangan dan kelebihan oli sesat ini, ane beraniin buat nyoba oli sesat. Setelah semaleman ane browsing, dapetlah dengan merk Meditran SX dengan kekentalan 15W40, langsung besok siangnya ane meluncur dan kaget abis karena harganya cuma 48ribu. Akhirnya ane langsung ganti sendiri tu oli, kemudian test drive dan ternyata mesinnya lebih adem. Merasa udah yakin oli ini bakal ane pake terus seterusnya, tapi setelah pemakaian 100km-an oli ini mulai menunjukan gejala yg menurut ane kurang sip, yaitu getarannya berasa banget. Pada saat ketemu polisi tidur (tanpa boncengan), otomatis harus turunkan gigi, speed sekitar 12km/jam, harusnya pake gigi dua ga ada getaran sama sekali, tapi dengan oli sesat ini getarannya parah banget, jadi mau ga mau harus turun ke gigi satu, karena setau ane kalo ketemu polisi tidur dan speed di bawah 10km/jam itu baru harus pake gigi satu (pengalaman pribadi). 

          Dari situ ane menjadi kurang yakin, malemnya browsing kesana kemari lagi, nemuin komenan orang yg debat soal oli sesat ini, ada yg bilang "...buat apa dibedain oli mobil dan oli motor kalo oli mobil 'bisa' dipake di motor??...", dari situ ane berpikir iya ya, kenapa si kesannya maksain banget pake oli mobil di motor, kan udah ada jalurnya masing-masing, dan ane juga udah ngerasain sendiri efeknya. Karena oli mobil kan tipe kopling kering, sementara motor yg ane pake adalah tipe kopling basah, mungkin kalo di ake di matic 'bisa'. Ngerasa ga kuat lagi ane ngelambaikan tangan di 700km-an. Emang si ga jarang juga yg udah make oli sesat ini dan ngereview oli ini cocok buat motor mereka, dan balik lagi oli itu ya emang cocok-cocokan sama motor dan riding-style masing-masing.



          Dan menurut ane oli sesat ini ga cocok buat motor ane dan riding-style ane, akhirnya memutuskan untuk tidak aneh-aneh lagi, sesuai jalur aja, akhirnya ane nyari oli yg agak mahalan yaitu oli TOP 1 Evolution MC kekentalan 10W40 dengan harga 120K di toko official Store TOP 1 di salah satu online-shop. Setelah menempuh 100km-an ga ada gejala getaran seperti yg ditunjukan saat pemakain oli sesat. Dengan speed 11km berboncengan saat ketemu polisi tidur dan pake gigi dua, ga ada getaran sama sekali, dari situ ane mikir wah bener ternyata di oli masalahnya.

          Pada akhirnya adalah emang oli itu cocok-cocokan dengan motor masing-masing. Diatas merupakan pengalaman pribadi ane, bukan bermaksud menjelek-jelekan pemakaian oli sesat, tapi yang ane rasain, ga cocok pake oli sesat di kebo ane karena getarannya yg ga nahan. Mungkin bakal ane coba di beat ane, karena matic adalah tipe kopling kering, berhubung beat ane lagi sakit, jadi belom bisa review, ane udah punya planning buat make oli Fastron Techno hijau di beat ane ntar kalo udah sembuh, doain guys biar punya duit buat ngobatin beat ane yg mau ganti blok piston. Ane rasa udah cukup review dari ane, OK see you in the next post...




NB : postingan di atas tidak mengandung iklan atau sejenisnya, postingan diatas merupakan murni review pribadi ane selama pemakaian.














Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Maruvanovic ] Adobe Photoshop CS3 Portable

[ Maruvanovic ] PES 2016 FULL Patch Season 2017/2016 Google Drive #Low End Laptop

[ Maruvanovic ] Microsoft Office Pro Plus 2013 32bit Google Drive + Activator