Pasang Kopling Hidrolik Di Yamaha Byson #EfekWFH

 



          Welcome back to my blog!. Yap, kali ini ane bakal share cara pasang kopling hidrolik di yamaha byson ane. Umumnya kopling pada motor biasanya menggunakan kawat baja, yang mana menurut ane bukan ga bagus ya, cuma harus rajin-rajin maintenance, kalo ga ya kabel kopling bakal terasa keset alias ga mulus saat di tarik, dan itu menurut ane ga enak banget. Setelah browsing sana sini akhirnya ane mutusin buat pasang kopling hidrolik.

          Kebetulan di online shop banyak yg jual paketan guys, isinya yaitu master rem kiri punya NMAX, selang rem, dan hidrolik itu sendiri banyak yg bilang si stut kopling. Semua itu dalam satu paket di hargain sekitar 220K belum ongkir. Ane mutusin buat beli terpisah, biar lebih murah, jika di total sekitar 180K, lumayan kan hematnya 😁. Nanti link pembelian ane cantumin. Nah ini part-part yg ane beli :

  • Master rem kiri punya NMAX (65K)



  • Stut Kopling (95K)

  • Selang Rem 90cm (23K)


  • Minyak Rem Prestone DOT 3 (gratis sisa temen)



         Berhubung ane sedang WFH seminggu, lumayan lah jadi ada kerjaan ngotak atik motor ane. Setelah semua part dateng, tanpa lama-lama langsung ane eksekusi. Oh ya sebelum semua part di pasang baiknya di cek dulu pakah ada cacat atau tidak, jika dirasa semua part aman baru bisa di eksekusi. Kira-kira seperti ini stepnya :

  • Lepas kabel kopling yang lama
  • Pasang master rem kiri punya NMAX yg nantinya akan di jadikan handle kopling
  • Pasang selang rem ke stut kopling dulu, biar mudah di kencangkan, karna kalo udah kepasang di bracket bekas kabel kopling yang lama, susah di kencangin
  • Setelah selang rem kencang pasang stut kopling di bracket bekas kabel kopling yg lama (deket mesin).
  • Posisikan jalur selang rem ke arah handle kopling yg sudah di pasang tadi, usahakan jang nyentuh ke mesin, bisa ngikutin jalur kable kopling yg lama.
  • Pasang selang rem ke master rem kiri punya NMAX, lalu kencangkan
  • Buka penutup tempat minyak rem, lalu isi dengan minyak rem, jangan penuh-penuh, isi kira-kira 70% dulu.
  • Tarik dan lepaskan handle kopling terus menerus secara perlahan sambil perhatikan gelembung-gelembung yg muncul di tempat penampungan minyak rem
  • Setelah gelembung sudah tidak muncul lagi, isi kembali tempat minyak rem, jangan penuh-penuh, sampai batas upper aja, dan pastikan tuas kopling yg ada di mesin sudah bisa di tarik oleh stut kopling tsb
  • Setelah stut kopling sudah berfungsi, lalu tarik handle kopling tahan sambil menutup tempat minyak rem, setelah tertutup rapat baru lepaskan handle kopling, cara ini berfungsi agar tidak adanya gelembung pada selang rem atau stut kopling
  • Terakhir, pastikan tidak ada yg bocor, baik disambungan selang rem dengan stut kopling, atau selang rem dengan master kopling saat dihandle kopling di tarik

kira-kira seperti ini setelah terpasang (sory motor ane abis kujanan dan sory juga kalo gambar ga jelas, tapi woles banyak tutorial di yutub)



          Sebenernya kalo kalian ga mau ribet, bisa aja tinggal kebengkel minta pasangin, tapi menurut gua ya "...yaelah cuma masang gitu doang harus kebengkel.." 😎. Ok dan udah dua hari ane pake, tarikan kopling jadi lebih ringan, lebih smooth, ga ada yg namanya keset lagi, udah ane pake buat macet-macetan sampe ane pegang stut koplingnya rada panas si karena bracket stut nempel ke mesin, tapi buat narik kopling masih aman-aman aja, ga ada kendala, itulah gunanya pake minyak rem yg lumayan punya nama dan minimal harus DOT 3. Banyak yg bilang si nanti seal karet yg ada di dalam stut kopling itu yg cepet rusak karna panas dr mesin, tapi menurut gua its ok, banyak yg jual juga seal karet buat stut kopling tersebut. Menurut ane ga masalah si karena udah ngerasain sendiri performa kopling hidrolik ini.

          Ok sekian dulu post dari ane, jaga kesehatan di musim pandemi ini guys, see you in the next post...

link pembelian :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ Maruvanovic ] Adobe Photoshop CS3 Portable

[ Maruvanovic ] PES 2016 FULL Patch Season 2017/2016 Google Drive #Low End Laptop

[ Maruvanovic ] Microsoft Office Pro Plus 2013 32bit Google Drive + Activator